Selasa, 06 Agustus 2013

MODAL DALAM PERUSAHAAN

*. PENGERTIAN MODAL

     Modal adalah seluruh kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan dan digunakan dalam proses produksi. modal menurut Prof. Meij mengartikan modaal sebagai kolektivitas dari barang-barang modal yang terdapat dalam neraca sebelah debit,sedangkan yang dimaksud barang-barang modal adalah semua barang yang ada dalam rumah tanggaa perusahaan dalam fungsi produksinya untuk membentuk pendapatan.
 
** Beberapa Macam Modal

- Modal Abstrak digambarkan sebagai air terjun(waterfall), dimana ''air terjunnya'' adalah tetap, sedangkan ''tetesan airnya'' selalu berganti-ganti. Air terjunnya disamakan dengan modal abstrak yang relaatif permanen dan tetesan airnya disamakan dengan modal kongkret yang yang selalu berganti-ganti. Modal kongkret ialah "capital goods" dan modal abstrak adalah "capital Value"( Fisher).
- Modal aktif ialah modal yang tertera disebelah debit dari neraca, yang menggambarkan bentuk-bentuk dalam seluruh dana yang diperoleh perusahaan ditanamkan.
- Modal pasif ialah modal yang tertera disebelah kredit dari neraca yang menggambarkan sumber-sumber dari mana diperoleh. modal pasif dibagi atas Modal sendiri dan modal asing, modal sendiri adalah modal yang bersal dari perusahaan itu sendiri sedangkan modal asing adalah modal yang berasal dari luarr perusahaan itu.
-Modal Kerja ialah jumlah keseluruhan aktiva lancar atau juga kelebihan dari aktiva lancar di atas utang lancar.


                                                Nb: twitter: @JChrist_one dan my handphone 085237865055





0 komentar:

Posting Komentar

membutukan saran dari kalian semua sehingga bisa memperbaiki menjadi lebih baik