Senin, 05 Agustus 2013

laporan praktek kerja lapangan/ trategi pemasaran



STRATEGI PEMASARAN TANAMAN KUBIS
DI KEBUN AGRIBISNIS “SEMANGAT” DESA OEMASI
 KECAMATAN NEKAMESE KABUPATEN KUPANG

LAPORAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN

OLEH

RAYMOND A. BALE DOTO
0804022589



FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2011




KATA PENGANTAR

          Puji syukur penulis panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena Atas berkat dan tuntunanNya sehingga penulis dapat menyelesaikan seluruh kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan penulisan laporan ini.
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan penyusunan laporan ini penulis mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.        Ibu Ida Nurwiana M,Si, sebagai pembimbing mata kuliah yang telah membimbing dalam penyelesaian Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
2.        Ir.Leta Rafael Levis, M Rur,M Nt, sebagai pembimbing lapangan yang dengan setia memberikan petunjuk dan bimbingan selama penulis menyelesaikan laporan ini.
3.        Pak Bambang, sebagai pemilik kebun abgribisnis “SEMANGAT” yang telah bersedia menerima penulis untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
4.        Mas Dodo sebagai pengurus  di kebun agribisnis “SEMANGAT” yang telah memberi arahan selama penulis mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sampai menyelesaikan laporan ini.
5.        Teman–teman sosek 08 (Josh, Adhy, , Loks, Dhedy, Ay, Janry, Dantes, dan yang tidak bisa disebutkan satu per satu namanya yang telah membantu penulis dalam penyelesaian laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini.
6.        Untuk Bapa dan Mama tercinta dan adik-adikku yang tersayang Cherya, Stefani dan Rowy, Spesialnya buat Jeanet margareth yohanes yang telah mendukung dalam doa.
7.        Terima kasih buat teman – teman selokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) Josh, Adhy, Dhedy, Loks, Joao, Janry, Ay, Joker, Lonny, Frince, Prischa, Fanny, Yelli, Delfin, Ima, Jefri, Yochi, Dewi, Edmar, Yakobus, Dantes  atas bantuan, masukan dan kerjasama selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu dengan senag hati penulis mengharapkan segala kritik dan saran bersifat membangun dari semua pihak guna penyempurnaann Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini.

                                                                             Kupang,  Oktober 2011

                                                                                                            Penulis













BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Pembangunan pertanian diarahkan untuk mencapai tujuan antara lain swasembada karbohidrat dan meningkatkan gizi masyarakat melalui penyediaan protein, lemak. vitamin dan mineral. Tanaman hortikultura merupakan salah satu tanaman yang menunjang pemenuhan gizi masyarakat sebagai sumber vitamin, mineral, protein dan karbihodrat. Bagi penduduk Indonesia, sesudah Pelita, pola umum konsumsi hortikultura juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dengan membanjirnya produk sayur-sayuran dan buah buahan dari luar negeri ke toko-toko atau yang dikunjungi konsumen golongan menengah atau atas. Kegemaran produk import dikalangan disatu pihak akan menghambat pengembangan hortikultura karena lemahnya gairah petani untuk meningkatkan produksi. Di pihak lain dapat memacu peningkatkan produksi ditinjau dari sudut kualitas agar dapat bersaing dengan produk impor.
Usahatani komoditas hortikultura yang terdiri dari tanaman buah-buahan, sayuran, tanaman hias dan tanaman obat telah lama dikenal dan dibudidayakan oleh petani bersamaan dengan pengembangan tanaman pangan lainnya. Konstribusi hortikultura bagi manusia diantaranya adalah sebagai sumber pangan dan gizi, pendapatan keluarga, pendapatan negara, sedangkan bagi lingkungan adalah rasa estetikanya, konservasi genetik sekaligus sebagai penyangga kelestarian alam.
             Dengan semakin meningkatnya permintaan akan komoditas hortikultura karena peningkatan jumlah penduduk dan perubahan pola konsumsi makanan, maka pengembangan komoditas hortikultura menjadi salah satu prioritas dalam rangka diversifikasi konsumsi dan peningkatan gizi. Oleh karena itu hortikultura merupakan komoditas yang sangat berpeluang dan prospektif untuk dikembangkan dengan pendekatan agribisnis.
Tanaman kubis mempunyai peranan dan sumbangan cukup besar terhadap pendapatan petani, peningkatan gizi masyarakat, pendapatan negara melalui pengurangan impor, pengembangan agribisnis, dan perluasan kesempatan kerja. Di samping itu, pengembangan tanaman kubis mempunyai peranan cukup strategis terhadap jumlah dan produksi sayuran nasional. kubis mempunyai potensi ekonomi yang sangat baik, sebab peluang pasarnya cukup luas dan merupakan sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat dan dapat pula disajikan dalam bentuk lalapan maupun olahan sayuran.

1.2  Tujuan dan Kegunaan PKL
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)  ini adalah :
1.    Mengetahui strategi dan saluran pemasaran tanaman kubis di kebun agribisnis “semangat” di Desa oemasi,  Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang.

Kegunaan dari penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah, sebagai berikut :
1.      Bagi peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), mengaplikasikan teori yang diperoleh selama kuliah dengan kondisi yang terjadi di lapangan.
2.      Bagi petani sebagai  bahan perbandingan dalam perencanaan usahatani selanjutnya.
3.      Sebagai bahan informasi untuk penelitian lanjutan maupun pihak lain yang membutuhkan.


BAB II
METODE, WAKTU DAN LOKASI

2.1 Metode Pelaksanaan PKL
Metode yang digunakan dalam praktek kerja lapangan ini adalah magang dimana terlibat langsung dalam mengerjakan kegiatan usahatani seperti, mengolah tanah, membuat bedengan, menanam tanaman, serta memelihara tanaman kubis. Selain itu, melakukan wawancara dan studi kepustakaan. Informasi yang diperoleh, kemudian dikaji secara komprehensif, dianalisis, disusun secara sistematis dan terarah sehingga menjadi laporan atau tulisan ilmiah praktek kerja lapangan.

2.2 Jadwal Dan Lokasi Pelaksanaan PKL
            Pelaksanaan praktek kerja lapangan ini berlangsung dari tanggal 13 Agustus 2011 sampai dengan tanggal 30 Agustus 2011. Bertempat di kebun agribisnis semangat, di desa Oemasi kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang.












BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN






NB: INFO 085237865055

0 komentar:

Posting Komentar

membutukan saran dari kalian semua sehingga bisa memperbaiki menjadi lebih baik